Sabtu, 20 Agustus 2011

PLAGIAT

Edisi minggu ini, tjandrautomo18.blogspot.com akan membahas sesuatu hal tentang Plagiat.
Secara pengertian, Plagiat adalah suatu hal/tindakan yang bersifat menjiplak atau mengambil suatu karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapatnya sendiri.
Orang dapat disebut Pagiat jika ternyata terbukti meniru, menjiplak, mengikuti apa yang orang lain kerjakan.
Dan pelaku plagiat disebut sebagai plagiator.
Topik ini lebih hangat untuk dibahas jika berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia entertainment.
Dan kali ini, tjandrautomo18.blogspot.com, akan membahas tentang Video Klip Indonesia yang mempunyai kemiripan dengan video klip luar.
Berikut ini, 5 Video Klip Indonesia yang “Tertangkap Basah” sama dengan konsep Video Klip Luar :
1. Video Klip Lyla – Detik Terakhir dan Video Klip Katy Perry – Thinking Of You
Kedua video klip ini menceritakan tentang seorang perempuan yang ditinggal pergi oleh kekasihnya karena akan tugas berperang di suatu wilayah. Perempuan itu merindukan saat-saat kebersamaan dengan kekasihnya itu. Dan bayangan ketika bersama kekasihnya pun muncul menghiburnya. Namun pada situasi lain dimana saat Si Pria melaksanakan tugas berperang, ternyata Si Pria tertembak dan meninggal. Kemasan adegan di video klip ini memang tidak semuanya sama. Namun dari segi alur cerita, dapat dipastikan sama.


1.      2. Video Klip Joker – Cinta Sebenarnya dan Video Klip FT Island – Love Love Love
Jika diamati secara seksama, Konsep kedua Video Klip ini sama. Menceritakan tentang sepasang kekasih yang ingin bersatu tapi seakan terhalangi oleh sesuatu yang membuat mereka bagai sebuah boneka yang terikat oleh tali. Dan berkat kesabaran, akhirnya sepasang kekasih tersebut menemukan jalan keluar dan berhasil terbebas dari tali-tali yang mengikatnya. Beberapa adegan di video klip ini dibuat beda. Seperti pada video klip Djoker, cara melepaskan talinya adalah dengan digunting. Sementara pada video klip FT Island, dengan cara dibakar.
 
1.      3. Video Klip Armada – Pemilik Hati dan konsep Video Klip Arev Manoukian – Nuit Blance
Entah siapa sebenarnya Arev Manoukian, yang jelas beberapa adegan yang ada di video klip Armada – Pemilik Hati sama seperti yang ada di video Arev Manoukian. Seperti tertabrak mobil, membentur kaca, dan beberapa property lainnya yang dirasakan sama persis.
 
1.      4. Video Klip The Changcuters – Main Serong dan Video Klip Beasty Boy – Sabotage.
Dari segi adegan, memang tidak sepenuhnya kedua video klip ini sama. Tapi dari segi konsep cerita, dapat diambil kesimpulan bahwa kedua video klip ini sama. Kedua video klip ini bercerita tentang sebuah agen rahasia yang berusaha untuk mengungkap suatu kasus. Ada beberapa hal yang sama dari video klip Main serong dengan Sabotage. Antara lain, Adegan kejar-kejaran, Credit title yang menjelaskan tentang peran-peran yang ada pada video klip tersebut, dan adegan-adegan lain yang sebenarnya sama tapi sebisa mungkin dibedakan.
1.      5. Video Klip Dmasiv – Mohon Ampun Aku dan Video Klip Simple Plan – Untitled (How Could This Happen To Me?)
Dari alur cerita, secara garis besar, kedua video klip ini sama. Dmasiv melesat bak meteor saat meluncurkan album perdananya dengan single andalan “Cinta ini membunuhku”. Sejak kemunculan band yang bernaung di bawah label “Musica” ini, banyak beberapa pihak yang kontroversi. Pasalnya, DMasiv dicap sebagai band yang plagiat karena lagu-lagunya menjiplak penyanyi/band luar. Dan kali ini, sepertinya julukan plagiat harus kembali diterima DMasiv, karena selain Video Klip Mohon Ampun Aku yang mirip dengan Video Klip Simple Plan – How Could This Happen To Me ini, ada beberapa video klip Dmasiv lainnya yang ternyata konsep klipnya sama dengan beberapa band luar lainnya. Antara lain :
- Video Klip Cinta ini membunuhku sama dengan konsep Video Klip Switchfoot – Stars. Keduanya memiliki konsep di dalam air.
- Video Klip Cinta Sampai Disini juga sama dengan konsep Video Klip My Chemical Romance – I don’t Love You
Berikut Persamaan Video Klip Dmasiv - Mohon Ampun Aku dan Simple Plan - Untitled (How Could This Happen To Me?)
 Persamaan Video Klip Dmasiv - Cinta Ini Membunuhku dan Switchfoot - Stars
 Persamaan Video Klip Dmasiv - Cinta Sampai Di


Itulah Lima Video Klip Indonesia yang konsepnya sama dengan Video Klip luar. Semua itu kembali kepada diri kita masing-masing. Ada beberapa pihak yang menganggap bahwa itu semua merupakan terinspirasi dari video klip luar, dan ada pihak lain yang menganggap itu merupakan suatu tindakan meniru/menjiplak. Terserah kalian semua ingin beranggapan apa. Tapi yang jelas, dengan adanya fakta tersebut, maka terbukti bahwa sebagian masyarakat Indonesia kurang mengapresiasikan kemampuan originalnya dan lebih memilih untuk menjadi followers ide dari Negara lain. Memang pada dasarnya, untuk mendapatkan ide itu sangat sulit sekali. Tapi, alangkah lebih baiknya jika kita sadar bahwa kita terlahir diberikan akal dan pikiran serta bakat yang berbeda-beda. Sejelek apapun karya yang dihasilkan, seharusnya kita bisa introspeksi dan terus mengasah kemampuan dari dalam diri kita. Dan kita pun harus bangga. Karena karya itu adalah original dari ide dan pemikiran sendiri. Tanpa harus terinspirasi atau bahkan menjiplak karya orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar